Tips Menghilangkan Bau kotoran pada Kandang Unggas

   
   
   Beberapa Cara Untuk Menghilangkan Bau Kotoran di Kandang unggas
Dalam sistem beternak unggas mengurangi bau kotoran unggas dalam kandang ternak sangatlah penting sekali, dan bagi peternak janganlah sekali-kali mengacuhkan untuk hal ini. Kita harus tahu terlebih dahulu penyebab, kenapa unggas kita mengeluarkan kotoran dan berefek sangat bau sekali. Nah hal ini harus kita pelajari terlebih dahulu. Kotoran ayam yang keluar dan sangat bau biasanya disebabkan oleh beberapa aspek ;
Pakan ayam sekarang banyak sekali yang beredar dengan keragaman kandungan nutrisi berupa protein yang berbeda-beda, ada yang berprotein 17% - 23%. Nah dengan kandungan protein ini sangatlah mempengaruhi kotoran ayam nantinya jika terkonsumsi oleh penceernaan unggas, hal ini disebabkan karena pencernaan ayam tidak dapat menceerna sempurna pakan tersebut, sehingga kotoran yang keluar dari unggas masih banyak mengandung protein. Protein inilah penyebab kandang unggas sangatlah bau.
Cara menyikapi kita sebagai peternaak agar kandang kita tidak bau, diantaranya :

  •       Berikan unggas anda dengan bakteri pengurai protein, seperti probiotik. Probiotik biasanya berfungsi membantu menghancurkan protein dalam pencernaan, sehingga protein yang terserap kedalam metabolisme tubuh akan sangat besar dan efek dari itu akan membantu untuk percepatan pertumbuhan unggas.
  •       Micro Organisme buatan tradisional yang konon katanya sebagai jamu, itu juga merupakan salah satu probiotik yang berfungsi sebagai penghancur protein dan sebagai perangsang metabolisme ayam untuk makan lebih banyak, yang ujung-ujungnya juga berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan unggas.
  •       Menyampurkan jamu pada pakan, bau pada kotoran unggas terjadi karena proses metabolisme di tubuh unggas kurang maksimal, sehingga sisa pakan yang mengandung protein ikut terbuang dan menyebabkan bau. Kunyit atau  Curcuma domestica memperbaiki metabolisme unggas sehingga kotoran tidak berbau meski di lingkungan lembap.Jadi, untuk mengatasi supaya kandang tidak bau adalah dengan menambah cacahan rimpang kunyit sebesar 2% dari total pakan yang diberikan.
  •       Penyemprotan dengan desinfektan atau ramuan-ramuan yang gampang kita buat sendiri seperti campuran air tembakau, air detergen, dan air pemutih pakaian, juga salah satu campuran yang dapat berfungsi sebagai penghilang bau kotoran pada kandang unggas kita.

Demikian tips untuk menghilangkan Bau kotoran pada kandang unggas anda,terutama dimusim penghujan penghujan seperti ini.

Sumber https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=406721292771935&id=150875235023210

0 Response to "Tips Menghilangkan Bau kotoran pada Kandang Unggas"

Posting Komentar