MAKANAN KHAS PONOROGO


   Sate ponorogo ,sate yang berasal dari ponorogo sangatlah khas berbeda dengan sate dikota lain cirri sate ponorogo bentuk potongannya tipis memanjang jadi kalo sudah matang lebih empuk proses selanjutnya sate direndam dalam bumbu sehingga bumbu bisa meresap kedalam daging ayam.ada beberapa kampong yang menjadi sentra usaha sate ayam dan dijuli dengan GANG SATE yaitu sate ayam setono yang ada didesa setono sekitar komplek makam Batoro Katong dan sentra industri sate ayam gang lawu yang ada di jl. lawu dengan sate ayam Pak TUKRI SOBIKUN yang paling terkenal karena banyak kalangan pejabat Negara seperti presiden dan pejabat Negara lain serta artis ibu kota juga banyak yang sudah langganan singgah menikmati sate ayam pak tukri.

   
   Dawet jabung,yang aslinya berasal dari jabung kecamatan siman ponorog. minuman khas ponorogo ini bahannya terdiri dari cendol alami tanpa pewarna ,tape ketan,nangka dan kuah yang terbuat dari santan dan larutan gula arena tau gula jawa serta ditambahkan sedikit garam dan es batu supaya telihat segar dan menggoda,gayuh untuk mengambil kuah pun juga unik gagangnya berbentuk tokoh pewayangan.sedikit mitos tentang Dawet Jabung konon penjual dawet akan memberikan dawetnya kepada pelanggan menggunakan sebuah tatakan,tetapi kita tidak boleh mengambil mangkuk dawet itu beserta tatakannya ,kita Cuma boleh mengambil mangkuk dawetnya saja konon ceritanya kalau seorang pria meminta tatakannya berarti berniat menyunting si penjual dawetnya.dan bila si penjual dawet menyerahkan tatakannya berate dia bersedia dinikahi,seperti itu tradisinya jaman dulu.

     
   Jenang mirah yang berasal dari ds.josari kec jetis.kenapa bernama jenang mirah? Karena pembuatnya bernama ibu mirah warga josari jetis sebab sudah sejak dahulu orang mengenal makanan ini dengan sebutan jenang mirah yaitu nama dari pmbuatnya .jenang mirah berbahan beras ketan ,gula kelapa dan santan buah kelapa tanpa pengawet jadi jenang ini hanya bertahan sampai satu minggu saja ,kalau maulebih lama ya dimasukan freezer.

     

   Pecel ponorogo,makanan khas ini merakyat dan banyak warung makan yang menyediakan menu nasi pecel yang banyak dikenal orang biasanya pecel mbah godong sinduro,pecel mbak tik kumbokarno,pecel iwak kali sekayu,pecel jl.baru suromenggolo,serta pecel pak suroto jl.parang centung yang selalu buka setiap pagi hari itu tempat sarapan favorit saya .makanan ini terbuat dari sayuran yang direbus seperti bayam,kangkung,kenikir,daun papaya,daun ketela,lembayung ,kacang panjang ,kecambah dan sayuran lain dan disajikan dengan sambal kacang beserta lauk diatasnya semakin padas sambalnya semakin nikmat pecelnya. Demikian beberapa makanan khas ponorogo yang wajib anda cicipi ketika singgah dikota ponorogo
 

0 Response to "MAKANAN KHAS PONOROGO"

Posting Komentar