Air Terjun Toyomerto - Ponorogo


        Air Terjun Toyomerto atau lbih dikenal dengan sebutan Selorejo  terletak di Dusun Toyomerto Desa Pupus Kecamatan Ngebel Kabupaten Ponorogo Propinsi Jawa Timur.
Lokasinya dari telaga ngebel berjarak sekitar kurang lebih 5 kilo meter. Untuk menempuh kelokasi kita harus hati-hati karena medan yang dilalui terdapat tebing dan jurang yang curam serta jalannya banyak belokan serta naik turun akan tetapi sepanjang perjalanan nanti kita juga akan menjumpai hutan pinus serta perkampungan termasuk desa pupus.

                  
  
Air terjun ini terdiri dari 2 tingkat air dalam satu aliran yang jatuh dari tebing batu. Masing-masing tingkatan memiliki ketinggian 25 hingga 30 meter.   Untuk tingkat pertama dikenal dengan nama Air Terjun Selorejo Atas dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan tingkat kedua.  Untuk tingkat kedua dikenal dengan nama Air Terjun Selorejo Bawah.  Pada Selorejo atas dindingnya dapat di panjat

Posisi air terjun ini sebenarnya berada di antara dua bukit yang berhadapan. Warga sekitar menyebut kedua bukit sebagai gunung Nglengko dan Manyutan. Keduanya merupakan bagian dari pegunungan Wilis yang melintang panjang dari Madiun hingga Ponorogo.   Air terjun ini mengalir dari sebuah mata air di gunung atas Manyutan. Di tebing-tebing batu gunung, banyak juga ditemukan sumber air yang lebih kecil. Airnya menjadi meresap di bebatuan tebing dan terkumpul mengalir di air terjun. Jika dirunut jauh, air terjun Selorejo bermuara di kali Catur yang mengalir hingga ke Madiun.



Sumber

0 Response to "Air Terjun Toyomerto - Ponorogo"

Posting Komentar